Ketua Program Studi S2 Gender dan Pembangunan

PENDAHULUAN

Program Studi Gender dan Pembangunan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin adalah program pendidikan magister dengan fokus kajian pada peningkatan profesionalisme dalam menyusun dan menganalisis perencanaan atau kebijakan yang resporatif gender. Program studi ini merupakan satu-satunya program kajian Magister Gender dan Pembangunan di kawasan Timur Indonesia dan yang kedua di Indonesia setelah Program Magister Kajian Wanita di Universitas Indonesia.

Program Studi ini didirikan untuk menjawab adanya kebutuhan akan tenaga ahli dan profesional yang sadar gender untuk mengisi formasi di instansi pemerintah sebagai perencana atau perumus kebijakan dan di lembaga-lembaga non pemerintah/swasta sebagai praktisi, aktifis dan sebagai konsultan gender.  Selain itu lulusan program studi akan di butuhkan sebagai tenaga akademisi dan tenaga peneliti di lembaga-lembaga pendidikan tinggi.

Program Studi ini  mulai menyelenggarakan kegiatan akademik sejak tahun 2000 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan tertanggal 17 Desember 1999 (SK. Tanggal 17 Desember  Nomor : 409/1999).

Terakreditasi B dengan No. SK Akreditasi: 5073/SK/BANPT/Akred/M/IX/2020

VISI

Menjadi Program Studi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis Benua Maritim untuk menciptakan pembangunan yang adil jender di Indonesia”.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas didasari oleh teori- teori pembangunan perspektif gender dalam menghasilkan lulusan magister yang peka jender

Menyelenggarakan penelitian yang inovatif berbasis pada isu-isu jender dan isu sosial lainnya dalam bidang pembangunan yang dapat dijadikan rujukan rekomendasi kebijakan yang adil jender

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis kolaboratif antar stakeholder dalam membangun  dan memperkuat relasi jender

TUJUAN

Tujuan Program Studi Gender dan Pembangunan yaitu:

Meningkatkan kualitas pembelajaran pada bidang pembangunan berspektif gender

Meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian berbasis isu jender dan isu sosial lainnya dalam bidang pembangunan

Meningkatkan jumlah dan kualitas pengabdian masyarakat dalam mendukung kesetaraan jender dalam pembangunan yang inklusif

SASARAN

  • Meningkatnya keterpenuhan SNPT melalui penyelenggaraan Pendidikan di ProgramStudi Jender dan Pembangunan
  • Meningkatnya jumlah penelitian berkualitas terkait dengan isu jender yang dapat dijadikan rujukan kebijakan yang adil jender
  • Meningkatnya publikasi ilmiah yang terkait dengan kesetaraan Jender dan  Sosial inklusi pada jurnal nasional akreditasi dan internasional bereputasi
  • Meningkatnya jumlah pengabdian masyarakat yang inovatif terkait dengan program pemberdayaan responsive jender
  • Meningkatnya jumlah publikasi hasil pengabdian masyarakat yang terkait dengan isu jender dan isu sosial lainnya

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

KODERumusan CPL (Bahasa Indonesia)Learning Outcomes (Bahasa Inggris)
CPL-1Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang berkontribusi pada peningkatan kehidupan yang peka gender dalam bernegara dan taat pada hukum dan menghargai keanekaragaman, bertanggungjawab pada pekerjaan dan membangun semangat kewirausahaanAble to uphold human values ​​that contribute to improving gender-sensitive life in the state and obey the law and respect diversity, be responsible at work and build an entrepreneurial spirit
CPL-2Mampu mengembangkan pembelajaran secara mandiri dan mendokumentasikan hasil penelitian untuk mencegah plagiasi.Able to develop learning independently and document research results to prevent plagiarism.
CPL-3Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmiah sesuai bidang keahliannya yang dapat dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin melalui kerjasama dengan berbagai lembaga dan komunitas.Able to develop logical, critical, systematic and creative thinking through scientific research according to their field of expertise which can be developed through interdisciplinary and multidisciplinary approaches through collaboration with various institutions and communities.
CPL-4Mampu mengambil keputusan terkait permasalahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dukungan data untuk mengelola dan mengembangkan kerjasamaAble to make decisions related to science and technology development problems with data support to manage and develop cooperation
CPL-5Mampu mengembangkan ide dan hasil pemikiran berdasarkan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin sesuai dengan kaidah dan etika ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasiAble to develop ideas and thoughts based on an interdisciplinary or multidisciplinary approach in accordance with scientific principles and ethics published in reputable international journals
CPL-6Mampu mengembangkan ide/pemikiran serta pengembangan data terpilah isu-isu gender dan bentuk-bentuk relasi gender melalui data dan informasi dan profil gender untuk menciptakan keadilan Gender berdasarkan objek kajiannyaAble to develop ideas/thoughts as well as develop disaggregated data on gender issues and forms of gender relations through data and information and gender profiles to create gender justice based on the object of study
CPL-7Mampu memecahkaan berbagai permasalahan pembangunan bidang sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan dengan menggunakan teori dan pendekatan gender, serta mengatur sumberdaya manusia dalam mengakses sumberdaya alam yang berkelanjutan melalui sistem pendataan gender.Able to solve various social, economic, cultural and environmental development problems using gender theory and approaches, as well as managing human resources in accessing sustainable natural resources through a gender data collection system.
CPL-8Mampu memecahkan berbagai isu-isu gender dalam masyarakat dan mendesain serta menyusun program pemberdayaan masyarakat yang responsif genderAble to solve various gender issues in society and design and compile gender responsive community empowerment programs

Struktur kurikulum Jalur Kuliah

NO.Kode Mata KuliahNama MatakuliahSksStatus W/PJenis MK (TM/NTM)MK PrasyaratKET.
Bahasa IndonesiaBahasa InggrisTPLTotal
Semester I 
1.24P07210103Filsafat & Teori GenderPhilosophy and Gender Theory3  3WTM  
2.24P07210202Gender dan KebudayaanGender and Culture2  2WTM  
3.24P07210303Metode Penelitian dan Publikasi IlmiahResearch Methods and Scientific Publications3  3WTM  
4.24P07210402Gender & LingkunganGender and Environment2  2WTM  
5.24P07210503Gender dan KetenagakerjaanGender and Labor21 3PTM/NTM  
6.24P07210603Perencanaan Pembangunan Berwawasan GenderGender -oriented in Development Planning21 3PTM/NTM  
7.24P07210702Gender dalam Perspektif MediaGender in Media Perspective2  2PTM  
Sub Total SKS     18    
Semester II
1.24P07210803Analisis Kebijakan Publik Berwawasan GenderGender-Informed Public Policy Analysis21 3PTM/NTM Pada semester 2 ditawarkan 10 sks mata kuliah pilihan, untuk sks 54 minimum mahasiswa memilih 6 sks, namun mhs dapat pula memilih 7 sks dengan total SKS 55
2.24P07210902Gender dan PsikologiGender and Psychology2  2PTM 
3.24P07211003Politik dan Keadilan GenderPolitics and Gender Justice21 3PTM/NTM 
4.24P07211102Gender dan Kesehatan ReproduksiGender & Reproductive Health2  2PTM 
5.24P07211112Seminar ProposalProposal Seminar 2 2WNTM  
6.24P07211308Penelitian dan Hasil PenelitianResearch and research results 8 8WNTM  
Sub Total SKS     16    
Semester III
2.24P07211412Publikasi Internasional Bereputasi Reputable International Publication 12 12WNTM  
3.24P07211508Tugas Akhir dan Ujian Akhir Final Assignment and Final Exam 8 8WNTM  
Sub Total SKS     20    
TOTAL SKS     54    

Struktur Kurikulum Jalur Research

NO.Kode Mata KuliahNama MatakuliahSksStatus W/PJenis MK (TM/NTM)MK PrasyaratKET.
Bahasa IndonesiaBahasa InggrisTPLTotal
Semester I 
1.24P07210303Metode PenelitianResearch Method21 3WTM/NTM  
2.24P07211110Seminar Berkala/Kanjian LiteraturePeriodic Seminar/Literature Review     10 10WNTM  
3.24P07211212Seminar ProposalProposal seminar2  2WTM  
4.           
Sub Total SKS     15    
Semester II
1.24P07211316Seminar  Internasional BereputasiReputable International Seminar 6 6WNTM  
2.24P07211416Publikasi Prosiding Internasional Bereputasi (6 sks)Reputable International Proceedings Publication 6 6WNTM 
3.24P07211518Penelitian dan Hasil PenelitianSeminar Research26 8WTM/NTM 
Sub Total SKS     20    
Semester III
2.24P07211612Publikasi Internasional Bereputasi Reputable International Proceedings Publication 12 12WNTM  
3.24P07211708Tugas Akhir dan Ujian Akhir   2  6 8WNTM  
Sub Total SKS     20    
TOTAL SKS     55    

STAF PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Nurhayati, SH, MH
  2. Prof. Dr. Dwia. A. Pulubuhu, N.K, MA
  3. Prof. Dr. Ir. Sitti Bulkis, MS.
  4. Prof. Dr.St. Haerani, SE, MS
  5. Prof. Dr. Veny Hadju, M.Sc., Ph.D
  6. Prof. Dr. Ir. Hazairin Zubair, MS.
  7. Prof. Dr. Nursini, MA
  8. Prof. Dr. Hj. Rabina Yunus
  9. Prof. Dr. Ria Mardiana Guntur, SE, M.Si.
  10. Prof. Dr. Mardiana Ethrawaty, MS.
  11. Prof. Dr. Ir. Eymall B. Mallino, M.Si
  12. Dra. Herawati Abbas, M.Hum., Ph.D
  13. Dr. Ery Iswary, M. Hum
  14. Dr. Agussalim, SE. M.Si.
  15. Dr. Ir. Novaty Eny Dungga, MP
  16. Dr. Fatmawati, S.E., M.Si

TEMPAT PENDIDIKAN DAN FASILITAS

Perkuliahan, seminar dan praktikum dilaksanakan di lingkungan Universitas Hasanuddin.

BIAYA PENDIDIKAN

Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) tunggal sejumlah Rp. 7.500.000,- per semester.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Dapat diperoleh pada Bagian Tata Usaha Sekolah Pascasarjana UNHAS, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kampus UNHAS Tamalanrea Makassar 90245 e-mail : info@pasca.unhas.ac.id

PIMPINAN

Dekan : Prof. dr. Budu, Ph.D., Sp.M (K)., M.Med.Ed
Wadek Bid. Akademik & Publikasi Ilmiah : Prof. Baharuddin Hamzah, S.T., M.Arch., Ph.D.
Wadek Bid. Perenc. Keuangan & Sumber daya : Prof. Dr. Darmawansyah, S.E., M.Si
Wadek Bid. Inovasi, Kemitraan & Alumni : Prof. Dr. Amir Ilyas, S.H., M.H.

Post Graduate University of Hasanuddin

Unlock your full potential and build the confidence and capabilities needed to take your career to the next level with our post graduate program.